Simulasi Head to Head Versi Ipsos: Ganjar-Mahfud Ungguli Prabowo-Gibran


Jakarta
- Lembaga Survei Internasional Ipsos Public Affairs menyatakan hasil jajak pendapat terbaru yang dilakukan pada 17 Oktober hingga 19 Oktober 2023. Survei ini menyoal mengenai peluang bakal pasangan Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) di Pilpres 2024.

Analis Politik dan Peneliti Senior Ipsos Public Affairs Arif Nurul Imam menyampaikan pada simulasi head to head pasangan Ganjar Pranowo - Mahfud Md lebih unggul serta berpotensi menumbangkan pasangan Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka.

"Ganjar Pranowo - Mahfud MD 48,72 persen dan Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka 41,67 persen," jelas Arif dalam keterangan tertulis, Sabtu (21/10/2023).

Sementara dalam simulasi tiga nama yang dilakukan oleh Ipsos, nama Ganjar Pranowo - Mahfud MD juga bercokol di posisi pertama dengan torehan 31,98%. Disusul oleh pasangan Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka sebesar 31,32%, serta Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar di posisi terakhir dengan persentase 28,19%.

Survei yang dilakukan Ipsos menggunakan metode telesurvey kepada 1.207 responden di 34 provinsi yang dilaksanakan pada 17-19 Oktober 2023, dengan margin of error sebesar 2,83% dan tingkat kepercayaan sebesar 95%.

Survei ini juga diajukan kepada responden dengan persentase 50% lak-laki dan 50% perempuan berusia 17 tahun ke atas, adapun Teknik yang digunakan adalah random sampling.

Sebelum diumumkan survei, pasangan Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar (AMIN) dan Ganjar Pranowo - Mahfud Md (GAMA) telah mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) di hari pertama pendaftaran Capres dan Cawapres.

Di kubu lain, Bakal Calon Presiden (Bacapres) Prabowo Subianto masih belum mengumumkan siapa yang akan menjadi pendamping dirinya di kontestasi Pilpres 2024 ini. Namun putra sulung Presiden Joko Widodo yang juga menjabat sebagai Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka santer diisukan menjadi pendamping Prabowo di Pilpres 2024. (*)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama